Senin, 03 Juni 2013

MAMPUKAH AYA BERSAING DI DUNIA KERJA ESOK? DAN STRATEGI-STRATEGI APAKAH YANG AKAN SAYA TEMPUH


OPINI
Mampukah Saya Bersaing di Dunia Kerja Esok? dan Langka- Langkah Strategis apa saja yang Saya Lakukan Untuk Berkompetisi di Dunia kerja Esok?

            Beberapa waktu ke depan, setelah saya lulus kuliah dan memiliki gelar sarjana, maka akan berhadapan langsung pada dunia kerja,yang sudah tersaji dengan berbagai macam pilihan tentunya, sebenarnya dari sekarang usia saya memang sudah usia kerja.
Sekarang pertanaanya adalah Mampukah Saya Bersaing di Dunia Kerja Esok?
            Dari opini bacaan tersebut dapat saya simpulkan bahwa dengan ijazah yang kita dapatkan melalui jenjang bangku perkuliahan yang telah di tempuh selama ini sama dengan memikul beban tanggung jawab atas ilmu pendidikan yang diperoleh selama ini, karena itu para mantan mahasiswa yang sudah lulus dengan menenteng ijazah tentu saja sudah sangat siap dengan tantangan-tantangan maupun sambutan-sambutan yang telah dipersiapkan oleh dunia pekerjaan.
            Dengan ijazah sarjana yang telah saya dapat setelah lulus kuliah nanti dan dengan bekal serta tanggung jawab di atas saya mampu dan sanggup bersaing di area dunia kerja yang memang benar-benar sangat dibutuhkan dan membutuhkan, sebenarnya dunia kerja telah menyiapkan berbagai macam lowongan pekerjaan yang jumlahnya dapat dikatakan cukup. Karena di dunia ini tersebar luas lowongan pekerjaan, jangan berpatokan hanya di Indonesia saja tempat besok saya akan kerja.
             Maka kita sabagai lulusan yang menyandang gelar sarjana harus dapat memilih dan memilah lowongan pekerjaan yang membutuhkan tenaga, yang itu benar-benar memang sesuai dengan jurusan keahlian serta profesi kita sebagai sarjana, tentunya hal tersebut tidak akan sulit di cari dengan kita mempnyai bekal yang sangat berbobot yang itu terdapat dari diri kita sendiri maupun didikan pada waktu kuliah. Hal yang tidak kalah penting yaitu kita dapat memaksimalkan keahlian dan profesi yang kita punya demi mensejahterakan kehidupan, sehingga kita dapat menjadi seorang yang tidak hanya mengandalkan lowongan untuk menjadi pekerja, tetapi justru membuat lapangan pekerjaan.

Langkah-langkah strategis yang harus kita persiapkan untuk berkompetisi di dunia kerja esok mulai dari saat ini yaitu :

1.      Disiplin dan Konsistensi
Harus disiplin pada jadwal masuk kuliah, jam masuk kuliah, tugas dari dosen, serta harus konsisten pada sesuatu yang telah direncanakan. Hal ini sangat berfungsi ketika di dunia karja besok, harus bersifat tegas dan disiplin serta konsisten apabila mendapat tugas dari atasan, agar supaya menambahkan kualitas pada pribadi diri pribadi.
2.      Berpenampilan Rapi
Karena  dipersiapkan untuk menjadi guru yang notabenya adalah seorang tokoh panutan, contoh untuk peserta didiknya, sudah semestinya di terapkan untuk berpakaian rapi sopan serta santu, sehingga esok ketika sudah menjadi guru hal tersebut sudah otomatis melekat pada diri pribadi.
3.      Motifasi
Hal ini dapat di dapatkan baik intern maupun ekstern, motifasi dari dalam diri sendiri misalnya yaitu, saya harus berusaha keras demi menjadi seorang guru besok yang nantinya dapat berguna bagi orang lain, mecerdaskan kehidupn bangsa. Contoh motifasi dari luar yaitu bisa dari keluarga teman dekat dosen dan orang-oang yan di sekitar kita.
4.      Kreatif dan Inovatif
Dalam dunia kerja dibutuhkan seorang yang mampu dan sangat kompeten dalam menciptakan hal-hal baru yang lebih bermanfaat bagi semua pihak.
5.      Tidak Takut Gagal
Dimana seorang akan selalu berani mencoba segala hal yang terbaik dan siap untuk menerima resiko ataupun hasilnya, hal tersebut menjadikan tambahan wawasan dan pegalaman untuk diri kita.
6.      Sosialisasi yang Baik
Menciptakan hubungan-hubungan baik dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun demi mencitakan keharmonisan, selain itu juga  untuk mmpermudah bekerjasama dalam mencapai tujuan dalam bekerja.
7.      Up to Date
Selalu memperbaharui segala informasi secara luas dimanapun dan kapanpun untuk mengetahui informasi-informasi terbaru yang akan dibutuhkan dalam dunia kerja.
8.      Berani mencoba Hal Baru
Dimana keberanian kita untuk mencoba hal baru yang kita punya, diman hal itu positif dan apabila dapat berguna bagi orang lain pastilah kita akan menjadi lebh berkualitas dan dibutuhkan oleh banyak orang. Sehingga kita tidak perlu mencari kerja tapi justru dapat mempekerjakan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar